PONDOK MODERN BERDIRI DI ATAS DAN UNTUK SEMUA GOLONGAN

Profil Pondok Modern Daarul Abror Kace Bangka

KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT semata yang telah mencurahkan nikmat, iman, dan islam dan kehidupan kepada kita semua. Shalawat dan salam mudah-mudahan tetap dilimpahkan kepada Rasulullah SAW teladan hidup insan bertaqwa, seiring do’a semoga kita senantiasa diberikan oleh Allah SWT kekuatan sehingga dap[at mengemban amanah dan mneunaikan kewajiban dengan sebaik-baiknya. Profil Pondok Modern Daarul Abror (PMDA) ini merupana media informasi dari kami, agar masyarakat, instansi dan pemerintah dapat mengenala lebih dekat lagi aktivitas para Praktisi Pondok Modern Daarul Abror dalam mengemban amanah Dakwah Islamiyah sesuai Visi dan Misinya;

Tercipta kader Ulama Amilin yang berkualitas, dan memiliki pemahaman islam yang kaaffah serta memahami IPTEK.

Berangkat dari Visi Misi tersebut maka segenap civitas akademika berkomitmen untuk menjadikan Pondok Modern Daarul Abror sebagai:

1.  Tafaquh Fiddin (Pendalam Agama Islam) melalui program dan kegiatan Transpormasi Ilmu Pengetahuan Islam.

2.     Sekolah Alam

3.     Sistem Pendidikan terpadu yang berbasis kompetensi

4.     Full Day Education

5.     Indzarulqoum (Mengingatkan Masyarakat) dengan menyiapkan generasi pewaris Nabi yang siap menyebarkan Islam di tengah masyarakat.

 

Dengan ditopang oleh sarana dan prasarana yang hampir memadai serta struktur Organisasi yang lengkap, ditambah dengan dukungan lokasi kampus yang luas +  6 hektar, ditunjang pula dengan lingkungan yang masih alami jauh dari  keramaian masyarakat.

Harapan kami siapapun tamu yang datang ke kampus Pondok Modern Daarul Abror (PMDA) merasa betah dan nyaman berada di lingkungan Daarul Abror, sehingga hatinya terpaud rindu dengan suasana yang masih alami ini. Kami yakin siapapun yang melangkahkan kakinya ke kampus kami dia adalah saudara seiman kami, saudara kami yang siap membantu kelangsungan Pendidikan di sini

 

Kace, 20 Januari 2012

Pimpinan Pondok Modern

Daarul Abror

 

 

 

KH. Sofyan Abu Yamin

ABSTRAK

 

Pondok Modern Daarul Abror (PMDA) adalah Lembaga Pendidikan Islam di bawah naungan Yayasan Islam Bumi Serumpun Sebalai, yang berlokasi di Jl. Mentok Rt.05 Rw.01 Air Penyangkar Desa Kace Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka Provinsi Kepualuan Bangka Belitung, didirikan pada tanggal 14 Januari 2008 berawal dari ide KH. Sofyan Abu Yamin dari Desa Kemuja, Ust. Haris, S. Ag muallaf dari Jebus, Ust. Syamsudin Zakaria dari Desa Zed yang berkeinginan menghadirkan sosok pesantren yang sempurna yang dapat disesuaikan dengan zaman modern sekarang ini. Maka mulailah mencari lokasi dan terpikir lokasi di Desa Kace yang mana KH. Sofyan Abu Yamin mempunyai kenalan warga Kace yang ketika berangkat ke Tanah Suci dan terpilihlah Desa Kace sebagai lokasi Pondok Modern Daarul Abror dengan pertimbangan bahwa Desa Kace berbatasan langsung dengan Ibukota Provinsi, maka dari itu pada bulan Januari 2008 mulailah pencarian dana melalui sahabat sealumni Gontor Ponorogo dan para Dermawan simpatisan pesantren sehingga sekarang KH. Sofyan Abu Yamin ditunjuk sebagai Pimpinan Pondok Modern Daarul Abror.

 

Saat ini Pondok Modern Daarul Abror telah memiliki dua lembaga formal yaitu Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu dan Madrasah Aliyah Terpadu dengan 18 Pendidik sekaligus Pengasuh.

 

Pondok Modern Daarul Abror bertekad dan bercita-cita luhur yakni;

Mencetak  ulama amilin yang siap berdakwah di tengah-tengah masyarakat sesuai dengan keilmuannya masing-masing nantinya. Hal ini dapat dari program-program yang diterapkan kepada para santrinya seperti: Wajib menguasai Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai bahasa percakapan sehari-hari, wajib menghafal Al-Qur’an sesuai dengan tingkatnya masing-masing, pelatihan pidato (ceramah) sebagai sarana tabligh lil ummah, dan kursus-kursus yang menunjang kompetensi anak didik sesuai kemajuan zaman sekarang ini.

 

BAGIAN PERTAMA

SEKILAS SEJARAH & PERKEMBANGAN

PONDOK MODERN DAARUL ABROR

A.   Sejarah dan Perkembangan PMDA

Menelusuri dan mencermati kronologi sejarah perkembangan Pondok Modern Daarul Abror dari awal secara tidak sengaja perbincangan tentang pesantren di Bangka yang banyak bangun jatuh kemudian bercermin kepada Pondok Modern Gontor Ponorogo Jawa Timur terdetiklah di hati KH. Sofyan Abu Yamin, Ust. Haris, S. Ag, Ust Syamsuddin Zakaria untuk membangun Pesantren Modern yang berkiblat ke Pondok Modern Gontor yang mana sampai saat ini masih diakui kelebihannya oleh dalam Negeri maupun Luar Negeri. Pada bulan Oktober 2007 mulailah berkonsultasi kepada para alumni gontor dan mendapat tanggapan dan dukungan. Akhirnya mereka bertekad mencari lahan dekat dengan kota tepatnya adalah Desa Kace, kemudian membeli tanah seorang warga Desa Kace seluas +  3 Hektar.

Pada tanggal 14 Januari 2008 mulailah penggalangan dana ke para dermawan dan simpatisan pesantren sehingga berdirilah satu unit bangunan semi permanen dengan muatan 4 lokal yang sekarang sebagai tempat tinggal para Dewan Guru yang sudah berkeluarga. Pada tanggal 14 April 2008 datanglah Dermawan dari Singapura yang berniat mendirikan Masjid untuk pesantren yang sekarang telah digunakan sebagai central ibadah para santri dan pengasuh di Pondok Modern Daarul Abror, berselang beberapa waktu datanglah bantuan kapolda, Kabupaten,dan Gubernur babel dan Para Dermawan sehingga terbentuklah asrama santri dua lantai yang permanen, tak lama kemudian Kementerian Agama Kab.  Bangka memberikan dan mendaftarkan Pondok Modern Daarul Abror adalah salah satu pesantren yang terdaftar di instansinya, tepat pada tanggal 26 November 2008 dengan Nomor Statistik Pondok : 512190796006 dan nomor piagam: Kd.29.01/5PP.00.8/414/2008.      

      Pondok ini adalah di bawah naungan Yayasan Islam Bumi Serumpun Sebalai yang di ketuai oleh Syamsuddin Zakaria dan pada tanggal 11 juni 2008 menganggkat KH. Sofyan Abu Yamin sebagai Pemimpin Pondok yang berwenang sepenuhnya dalam memajukan pondok tersebut. Pondok ini diberi nama Pondok Modern Daarul Abror dan di harapkan pondok ini akan menjadi orang-orang ahli kebajikan

B.   Kondisi Sosial Keagamaan Masyarakat Di Sekitar Pondok

           Desa kace adalah adalah sebuah desa yang berbatasan langsung dengan Kota Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jauh sebelumnya desa tersebut sudah ada Madrasah dan telah ada pendidikan keislaman namun masih tradisional yang mana sekarang masih berbekas di masyarakat yaitu cawisan, nganggong. Desa ini pintu masuknya dari Kota ke Kecamatan Mendo Barat yang dicanangkan sebagai Kecamatan Santri, kegiatan yang masih kental di masyarakat desa adalah nganggong, peringatan maulid yang secara besar-besaran guna menginggatkan kepada masyarakat akan keagunggan Nabi, juga ruahan, pengajian tiap malam jum’at dan siang jum’at buat para ibu-ibu. inilah kondisi masyarakat desa tersebut.

BAGIAN KEDUA

KELEMBAGAAN PONDOK MODERN DAARUL ABROR

 

               Sebagai lembaga pendidikan alternatif, Pondak Modern Daarul Abror (PMDA) memandang perlu merumuskan Visi, Misi, Tujuan dan Program aksi yang jelas. Komponen tersebut sangat penting keberadaannya guna memberikan arahan dan motivasi serta kekuatan gerak bagi seluruh unsur dalam pengembangan PMDA. Di samping itu Visi, Misi, dan Tujuan dapat berfungsi untuk menyatukan fikrah, persepsi, cita-cita dan harapan-harapan yang di inginkan oleh semua pihak yang terlibat dalam proses pembinaan dan pengembangan Pondok.

          Dengan dimikian Visi, Misi, dan Tujuan yang telah di rumuskan secara jelas diharapkan dapat memberikan motivasi dan kekuatan gerak untuk meraih prestasi menuju Pondok masa depan dengan berbagai keunggulan.

 

A.   Visi, Misi Dan Tujuan

       Pondok modern daarul abror adalah lembaga pendidikan islam dengan visi,misi dan tujuan sebagai berikut:

1.     Visi

Terciptanya kadar ulama Amilin yang berkualitas,dan memiliki pemahaman islam yang kaaffah serta memahami IPTEK

 

2.     Misi

 

a.     Tafaquh Fiddin ( pendalaman agama islam ) melalui program dan kegiatan Transportasi Ilmu Pengetahuan Islam.

b.     Sekolah Alam

c.      Sistem Pendidikan Terpadu yang berbasis kompetensi

d.     Full Day Education

e.      Indzarulqoum ( mengigatkan masyarakat ) dengan menyiapkan generasi pewaris Nabi yang siap menyebarkan islam di tengah masyarakat.

 

3.     Tujuan

    Memberikan bekal kemampuan dasar kepada santri yang di perlukan penumbuhan dan pengembangan diri sebagai Ulama Amilin terbinanya generasi khoiru ummah.

        Tujuan kelembagaan tersebut mendambakan profil lulusan PMDA yang memiliki kompetensi dasar yang di tuangkan 5 jati diri santri Daarul Abror sebagai berikut:

1.     Memiliki kelurusan aqidah yang bersumber dan berazaskan kepada pemahaman yang benar terhadap Al-quran dan As-sunnah.

2.     Tekun dan benar dalam beribadah sesuai dengan petunjuk yang disyariatkan kepada Rasulullah SAW.

3.     Mempunyai kemampuan manunjukkan potensi dan kreativitasnya dalam dunia kerja.

4.     Terampil mengatur segala urusannya dengan ketentuan Islam.

5.     Menghargai, memelihara dan aktif menjadikan diri bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan

 

B.   Organisasi Kelembagaan

         Manajemen yang di terapkan oleh Pondok Modern Daarul Abror adalah Manajemen Modern. dalam arti pengolanya tidak tertumpu pada hanya satu figur pemimpin ( kyai ) dengan manajemen modern tersebut, maka pengelolaan dan penyelanggaraan pendidikan dilingkungan PMDA di tanggani oleh sebuah pengurusan di bawah Yayasan Islam Bumi Serumpun Sebalai kepengurusan ini di kepalai oleh Pimpinan Pondok sebagai Pemimpin Eksekutif di bantu 4 (empat) Kepala Bidang. dilengkapi Kepala Bagian dan beberapa Seksi dan Staf.

             Pelaksanaan pendidikan formal pengelolanya ditanggani langsung oleh bagian Tarbiyatul Muallimin Al-Islamiyah (TMI) melalui Kepala Sekolah dengan struktur organisasi otonomi dan tetap dalam jalur kordinasi dengan Pimpinan Pondok. Kelengkapan struktur dan susunan kepengurusan dapat dilihat dalam lampiran.

 

C.   Program Pendidikan

             Pendidikan di Pondok Modern Daarul Abror dengan jenjang pendidikan 6 tahun yaitu  secara formal Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu ( SMP IT ) 3 tahun dan Madrasah Aliyah Terpadu 3 tahun, jadi genap 6 tahun. Dalam menjalankan roda pendidikan untuk muwujudkan tujuan pondok dan mengantarkan alumninya dengan bekal yang memadai, selain menerapkan kurikulum terpadu antara Diknas, Kemenag dan Pondok secara formal, juga melakukan pembinaan secara formal selama 24 jam dalam bentuk ekskul. Bentuk kegiatan pondok ada yang barsifat rutinitas harian, pekanan dan ada juga yang bersifat bulanan dan tahunan kegiatan-kegiatan tersebut berupa : Mufrodhat, Muhadatsah, Olahraga, Halaqoh Quran, Pembinaan berjenjang (mentoring), Kursus-kursus, Seni Bela Diri, Pramuka, Out Bound, Kuliah Jum’at, dll.

BAGIAN KETIGA

SISTEM PENDIDIKAN PONDOK MODERN DAARUL ABROR

A.   Sistem Pendidikan

       Untuk mencapai tujuan pendidikan yang digariskan, Pondok Modern Daarul Abror menerapkan sistem Pendidikan Islam Terpadu dan berkesinambungan (SPITS). Secara formal para santri dibana melalui jalur Madrasah atau Sekolah yang dikelola oleh Kepala Sekolah, Wali kelas dan Dewan Guru yang profesional yang mana mereka adalah lulusan dari luar maupun dalam negeri.

       Pada sisi lain santri putra dan putri ditempatkan di asrama secara terpisah.mereka dibina di asrama dengan sistem kekeluargaan yang berjenjang secara intensif dengan jalur formal. Pembina dan Pengasuh adalah lulusan Pondok Modern Gontor dan Pondok-Pondok Alumni Gontor yang berpengalaman sesuai dengan bidangnya masing-masing yang di kepalai oleh Bagian Pengasuhan Pondok.

 

B.   Kurikulum Pendidikan

      Pondok Modern Daarul Abror dalam menjalankan roda pendidikan untuk mewujudkan tujuan pondok dan mengantar alumni dengan bekal yang memadai yaitu menerapkan program kurikulum terpadu yang berbasis kompentesi yakni antara kurikulum Kementrian Agama (Kemenag), Kurikulum Diknas dan Kurikulum Pondok yang di sesuaikan dengan kebutuhan dan target pencapaian untuk dapat bersaing di dalam maupun di luar negeri. Kurikulum terpadu tersebut diramu dan disajikan untuk melahirkan generasi yang berkualitas sesuai dengan kemampuannya masing-masing dan berahlak karimah atas dasar Syariat Islamiyah dan pembentukan kepribadian yang luhur. Oleh sebab itu semua kegiatan diatur dalam tatanan kehidupan ala pondok yang sesuai dengan nilai dan tujuan pendidikan tersebut.

           Pendidikan di Pondok Modern Daarul Abror memberikan perhatian yang besar perlu pembinaan bahasa Arab dan Inggris secara aktif dan intensif.karena kedua bahasa tersebut selain di jadikan bahasa pengantar sebagaian besar mata pelajaran, juga dijadikan percakapan sehari-hari para santri dan dewan guru dalam kampus pondok, bahasa arab dianggap penting karena bahasa arab merupakan bahasa Al-quran dan As-sunnah di samping bahasa komunikasi dunia islam, sedangkan bahasa Inggris merupakan bahasa komunikasi dunia juga merupakan bahasa Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (IPTEK) serta bahasa komunikasi internasional.

C.   Program Pendidikan

1.     Pendidikan Formal

    Pendidikan formal yang diselenggarakan oleh Pondok Modern Daarul Abror adalah Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Daarul Abror dengan masa pendidikan 3 tahun dan di teruskan dengan sekolah Madrasah Aliyah Terpadu Daarul Abror 3 tahun dan terhitung pendidikan di pondok ini 6 tahun.

A.   SMP IT Daarul Abror

SMP Islam Terpadu Daarul Abror merupakan Lembaga Pendidikan Formal dengan sistem pembinaan 24 jam yang mana para santri/murid itu tinggal didalam pesantren sehingga semua kegiatan pondok bisa terkaper.

SMP IT di kepalai oleh seorang kepala sekolah, dua orang wakil yaiitu wakil kurikulum dan wakil kesiswaan, seorang TU dan dibantu oleh para wali kelas serta dewan guru.

Sampai sekarang SMP IT sangat diminati oleh para orang tua dan siswa karena ini merupaka salah satu sistem pendidikan yang ditawarka oleh penyelengara pendidikan agar apa yang di cita-citakan pemerintah tercapai yaitu IPTAQ. Disini para siswa diajak beribadah dan muamalah sesamanya dengan rasa kekeluargaan.

Adapunb keguiatan para siswa diluar jam formal mereka mengikuti kegiatan ektra kurikuler pengembangan diri, sampai sekarang siswa kelas IX tahun 2010 pernah dikirim ke Surabaya mewakili Kep. Bangka Belitung dalam rangka POPENAS dibidang kaligrafi.

2.     Pendidikan Non Formal

    Pondok Modern Daarul Abror dalam menjalankan roda pendidikan untuk mewujudkan tujuan pondok dan mengantarkan alumninya dengan bekal yang memadai, selain menerapkan kurikulum terpadu antara Diknas, Kemenag, dan Pondok secara formal juga melakukan  pembinaan secara non formal selama 24 jam dalam kegiatan ekskul. Kegiatan-kegiatan tersebut berupa : Mufrodhat, Muhadsah, Olahraga, Halaqoh quran, Pembinaan berjenjang (menitoring), Kursus-kursus, Seni Bela Diri, Pramuka, Out Bound, Kuliah Jum’at, Sholat 5 waktu di masjid, Shalat tahajjud, Puasa sunnah dan Tahfidz quran serta kegiatan santri lainnya yang langsung di programkan dan dilaksanakan oleh Organisasi Pelajar Pondok Modern Daarul Abror (OOPMDA) dengan jadwal terlampir.

D.   Keadaan Santri Dan Pengasuh

       Santri Pondok Modern Daarul Abror sebagian besar berasal dari kepulauan bangka sampai saat ini berjumlah 105 santri, dengan para pengajar 18 orang sekaligus Pengasuh yang barasal dari berbagai Pondok Pesantren di luar bangka yang mana diharapkan dapat memberi warna baru bagi dunia pendidikan di bangka ini khususnya Pondok Modern Daarul Abror, diantara mereka ada yang tamatan dari Universitas Islam Madinah dan Universitas Al-Azhar Chairo Mesir yang mana 90% mereka bermukim di dalam Kampus Modern Daarul Abror selama 24 jam.

BAGIAN KE EMPAT

SARANA DAN PRASARANA PONDOK MODERN DAARUL ABROR

 

Sarana pendukung Pendidikan tersebut ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai, seperti masjid central pendidikan, asrama yang refrensif, ruang belajar yang permanen, dapur umum, MCK, perumahan guru, penerangan, air bersih dan yang lainnya. Di atas tanah 6 hektar itulah kampus Pondok Modern Daarul Abror berdiri, jauh dari keramaian dan kebisingan, dengan iklim yang masih asli dan sejuk, tatanan kampus yang masih alami berwawasan lingkungan yang educatif, sangat mendukung terciptanya suasana belajar yang nyaman. Disinilah lahan subur tempat membinan kader pemimpin umat, insan bermanfaat, penyebar rahmat bagi umat.

 

Sebagai gambaran sarana dan prasarana di Pondok Modern Daarul Abror, sebagai berikut:

  

1.     Ruang Belajar 6 Lokal

2.     1 Ruang Kantor Administrasi

3.     Masjid yang berkapasitas 500 orang

4.     Asrama yang permanen 2 lantai

5.     Dapur Umum

6.     Air mandi yang alami ( Aliran sungai)

7.     MCK

8.     Toko Pelajar

9.     Kantin

10.                        Ruang Tamu

11.                        Perumahan Guru

12.                        Disel 16 PK dengan Dinamo Listrik 5000 Watt

13.                        Lapangan Bola Kaki Mini

14.                        Lapangan Volly

15.                        Lapangan Takraw

16.                        Lapangan Badminton

BAGIAN KELIMA

SUMBER DANA DAN EKONOMI PONDOK MODERN DAARUL ABROR

 

          Pondok Modern Daarul Abror melakukaan pendanaan secara mandiri penuh untuk menggerakkan seluruh aktifitas di lingkungan pondok. ada pun dana yang dikelola oleh pondok adalah dana yang bersumber dari internal dan sumbangan para donator dan instansi yang tidak mengikat.

           Jenis kegiatan ekonomi dan unit usaha dan produktif PMDA adalah perdagangan berupa toko pelajar, kantin, dan pertanian yang berupa budi daya tanaman sayur-mayur, dan budi daya ikan air tawar.

 

BAGIAN KEENAM

PROGRAM PENGEMBANGAN PONDOK MODERN DAARUL ABROR 

        Untuk mengembangkan dan memajukan pondok maka PMDA telah merumuskan kebijakan yang tertuang dalam strategi berikut:

1.     Peningkatan dan pengembangan kualitas secara optimalisasi pemberdayaan sumber daya manusia.

2.     Peningkatan dan pengendalian mutu Pendidikan Pondok.

3.     Peningkatan kepedulian dan dukungan keluarga besar pondok dan pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan

4.     Peningkatan sarana dan prasarana pendukung pendidikan

 

                Demikianlah gambaran sekilas tentang Pondok Modern Daarul Abror. Mudah-mudahan Allah SWT senantiasa memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua. Amiin.