PONDOK MODERN BERDIRI DI ATAS DAN UNTUK SEMUA GOLONGAN

Peringatan Hari Santri Di Pondok Modern Daarul Abror

Peringatan Hari Santri yg diadakan tiap tanggal 20 Oktober dilaksanakan oleh hampir seluruh pesantren di indonesia juga diikuti oleh pesantren-pesantren di kabupaten bangka.

Hari Santri Tahun 2023 ini mengangkat tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Tema ini merujuk pada santri yang memiliki peran besar dalam perjalanan kemerdekaan Indonesia.

Sejak adanya Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 oleh Presiden Joko Widodo, Tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Hal ini merujuk pada “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pondok modern Daarul Abror Kace sebagai salah satu lembaga pendidikan yang bercorak pesantren yang setiap tahunnya melaksanakan upacara bendera di kampus pondok, di samping juga mengutus beberapa orang santri guna mengikuti upacara di pondok pesantren lainnya di kabupaten Bangka, namun pada peringatan upacara hari santri  kali ini mengambil lokasi di pondok modern Daarul Abror Kace Bangka sebagai tuan rumah.

Upacara bendera dihadiri oleh peserta yang terdiri dari kurang lebih 10 orang santri dan beberapa guru sebagai perwakilan dari tiap 28 pesantren yang tersebar di kabupaten Bangka, kegiatarn ini berlangsung di Lapangan sepakbola pondok modern Daarul Abror, Ahad (22/10/2023).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh jajaran Pemerintah Daerah serta elemen-elemen masyarakat, antra lain ; Asisten 1 Pj Bupati Bangka Bapak Muhammad Jumani, S.T selaku inspektur upacara, ketua PNU Kabupaten Bangka beserta pengurus-pengurusnya, Ketua MWC NU Kecamatan Mendobarat, Ketua MUI Bangka, Ketua PP.Muhammadiyah Bangka, Camat Mendobarat , Koramil, Kapolsek, Ketua-Ketua Organisasi dikepemerintahan lainnya.

Ketua Pelaksana kegiatan Peringatan Hari Santri Tingkat Kabupaten Bangka yaitu Al-Ustadz H. Shofyan Abdurrahman selaku Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren se Kabupaten Bangka yang juga hadir pada momen tersebut.

Usai melaksanakan upacara bendera dilanjutkan dengan penampilan-penampilan yang dilakukan oleh santri dari 28 pondok pesantren tersebut yang diawali oleh penampilan santri santriwati dari pondok moderen Daarul Abror yang menampilkan Fashion Show dan Tari nusantara dari santri putri, Tapak Suci dan Drum band dari santri putra, pesantren Bahrul ‘Ulum Sungailiat menampilkan Nasyid, Boxing dari pondok pesantren Al-Fatah Sleman, serta Hadroh dari MTHQ Puding Besar.

Acara dilaksanakan dengan cukup meriah dan ditutup dengan perfotoan dan makan siang bersama.

Editor; Al-Ustadz Yudi Safitra, M. Sh